Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
Sitemap | Contact us | Privacy
Headlines :
Home » , , , , » Usaha Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas BelajarSiswa Kelas I Semester II Tahun Ajaran 2006/2007 Pokok Bahasan Menggunakan Nilai Tempat dalam Penjumlahan dan Pengurangan dengan Metode Demonstrasi dan Memanfaatkan Alat Peraga Manik-manik di Sekolah Dasar

Usaha Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas BelajarSiswa Kelas I Semester II Tahun Ajaran 2006/2007 Pokok Bahasan Menggunakan Nilai Tempat dalam Penjumlahan dan Pengurangan dengan Metode Demonstrasi dan Memanfaatkan Alat Peraga Manik-manik di Sekolah Dasar

Pelajaran matematika mudah untuk dimengerti. Dalam pembelajaran matematika guru hendaknya mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dengan tujuan agar siswa lebih tertarik terhadap pelajaran matematika. Siswa kelas I Sekolah Dasar Perumnas Banyumanik 14 masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal penjumlahan dan pengurangan. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal penjumlahan dan pengurangan adalah dengan menggunakan alat peraga manik-manik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apakah hasil belajar siswa kelas I semester II tahun ajaran 2006/2007 pokok bahasan menggunakan nilai tempat dalam penjumlahan dan pengurangan dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan memanfaatkan alat peraga manik-manik di Sekolah Dasar Perumnas Banyumanik 14 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, (2) apakah aktivitas belajar siswa kelas I semester II tahun ajaran 2006/2007 pokok bahasan menggunakan nilai tempat dalam penjumlahan dan pengurangan dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan memanfaatkan alat peraga manik-manik di Sekolah Dasar Perumnas Banyumanik 14 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas I semester II tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan menggunakan nilai tempat dalam penjumlahan dan pengurangan dengan metode demonstrasi dan memanfaatkan alat peraga manik-manik di SD Perumnas Banyumanik 14 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1) apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa 65, dengan ketuntasan belajar secara klasikal 80 %, dengan ketuntasan individu sebesar 65 (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran 70 yang diukur dengan melihat lembar observasi siswa.

Skripsi matematika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.



CATATAN
Skripsi yang Saya Share ini adalah Gratis/ tidak dipungut biaya. Jadi Gunakanlah Untuk menjadi Referensi dalam penelitian Kita untuk penyelesaian/penyusunan Tugas akhir Kita.
Untuk Link Download akan diKirim melalui Email.

Terimakasih
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Link Fren

Generic Banner
IKUTI DAN DAPATKAN UPDATE TERBARU
Powered by Blogger.
 
Support : Sitemaf | About | Panorama
Copyright © 2013. Bokawal NewsTimes - All Rights Reserved
Template Created by Website Published by Tongke
Proudly powered by Blogger