Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
Sitemap | Contact us | Privacy
Headlines :
Home » , » Makalah Manajemen Pendidikan bab 3

Makalah Manajemen Pendidikan bab 3

BAB III PENUTUP

A.  Kesimpulan

Berdasarkan makalah diatas dapt disimpulkan beberapa kesimpulan:
•     Perekat organisasi pendidikan adalah kepercayaan pimpinan kepada bawahan, keakraban/kebersamaan, dan kejujuran dan tanggung jawab.
•     Kepemimpinan sangat berpengaruh dalam proses penyelenggaraan pendidikan di  sekolah, agar pengaruh  yang timbul  dapat  meningkatkan  kinerja personil secara  optimal.  Maka  pemimpin  harus  memiliki  wawasan  dan  kemampuan dalam melaksanakan gaya kepemimpinan
•     Kemampuan pemimpin dalam memerankan gaya kepemimpinan yang bertumpu kepada partisipasi aktif semua personil sekolah akan memunculkan keberhasilan seorang pemimpin
•     Bahwa tujuannya antara lain adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat  yang  memiliki  kemampuan  akademik  dan/atau  profesional  yang dapat menerapkan, mengembangkan, memperkya khanazah ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
•     Budaya organisasi di lembaga pendidikan adalah pemaknaan bersama seluruh anggota organisasi di suatu lembaga pendidikan yang berkaitan dengan nilai, keyakinan, tradisi dan cara berpikir unik  yang dianutnya dan tampak dalam
perilaku  mereka,  sehingga  membedakan  antara  lembaga  pendidikan  dengan lembaga pendidikan lainnya.
•     Pemimpin harus memiliki pemahaman tentang konsep sistem (berpikir secara sistematik) dalam memahami suatu sekolah sebagai suatu kesatuan yang utuh.
•     Pemimpin harus memahami wawasan jauh kedepan agar tantangan masadepan
telah menjadi program dalam penyelenggaraan pendidikan.
•     Konsentrasi pemimpin terhadap kinerja personil  pada akhirnya sasaran  yang hendak  dicapai  adalah  peningkatan  prestasi  sekolah  pada  umumnya  dapat tercapai adalah peningkatan prestasi sekolah pada umumnya dapat tercapai dan pada khususnya menghasilkan tamatan yang berkualitas.

B.  Saran-Saran

1. Seorang kepala sekolah, di samping harus mampu melaksanakan proses manajemen yang merujuk pada fungsi-fungsi manajemen, juga dituntut untuk memahami sekaligus menerapkan seluruh substansi kegiatan pendidikan.
2.   Kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan:

•     Menjabarkan sumber daya sekolah untuk mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar,
•     Kepala administrasi,
•     Sebagai manajer perencanaan dan pemimpin pengajaran, dan
•     Mempunyai    tugas    untuk    mengatur,    mengorganisir    dan    memimpin keseluruhan pelaksanaan tugas-tugas pendidikan di sekolah


DAFTAR PUSTAKA

Akhmad Sudrajat, M.Pd. adalah staf pengajar pada Program Studi PE-AP FKIP-UNIKU dan Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan

Bacal, Robert. 2001. Performance Management. Terj.Surya Darma dan Yanuar Irawan.
Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

-----------,   2003.   Undang-   Undang   Republik   Indonesia   Nomor   20   tahun   2003 manajemen pendidikan , Jakarta: Depdiknas RI

-----------,2002.  Masalah  manajemen  pendidikan  di  Indonesia,  Jakarta:  Departemen
Pendidikan dan kebudayaan Ditjen Dikdasmen - Dik menum.

To Makalah Bab 1


Makalah ini disusun oleh safaruddin Mahasiswa PPs UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Link Fren

Generic Banner
IKUTI DAN DAPATKAN UPDATE TERBARU
Powered by Blogger.
 
Support : Sitemaf | About | Panorama
Copyright © 2013. Bokawal NewsTimes - All Rights Reserved
Template Created by Website Published by Tongke
Proudly powered by Blogger